Apa Bedanya Tinta Pigment dan Tinta Dye

30 March 2020 - Kategori Blog

Apa bedanya tinta pigment dan tinta dye

Banyak informasi yang kita dengar tinta pigment atau tinta dye, sebetulnya apa bedanya tinta pigment dan tinta dye tersebut, agar kita tahu kebutuhan jenis printer yang akan kita beli.

Bedanya tinta pigment dan tinta dye :

  1. Tidak lutur (Water Resistance)

Perbedaan paling mencolok dari kedua jenis tinta diatas adalah luntur atau tidak, hasil print tinta dye akan luntur jika terkena air dan hasil print menggunakan tinta pigment tidak sepenuhnya luntur bahkan tidak luntur, hasil print seperti ada campuran tepungnya.

Hal ini disebabkan karena tinta dye lebih cair dibanding tinta pigment dan sifatnya meresap ke dalam kertas, tinta dye biasanya menjadi tinta mesin printer yang standart di semua jenis printer inkjet. Printer yang menggunakan bahan tinta dye biasanya hasil cetakannya cepat luntur apabila terkena air mengalir bahkan terkena keringat.

Sedangkan tinta pigment mempunyai partikel yang kecil mirip serat bubur yang halus, dan biasanya bahan tinta pigment tersebut digunakan pada pembuatan kertas. Hasil cetakan tinta pigment jika sudah kering partikel tersebut meresap pada serat kertas dan membentuk kertas. Sehingga hasil cetakan tinta pigment  lebih tahan atau tidak luntur jika terkena air, tingkat kelunturan hanya sekitar 5%.

  1. Tidak pudar (Fade Resistance)

Partikel tinta dye pada hasil cetakan, ibarat pantai yang di tutupi pasir, karenanya hasil cetakan akan lebih cepat pudar jika terkena sinar matahari di bandingkan hasil cetakan tinta pigment. Hal ini dikarenakan reaksi kimia dari bahan tinta dye dengan sinar matahari, memang tidak langsung pudar namun akan membutuhkan waktu sekitar 6 s/d 12 minggu jika hasil cetak-kan tinta dye terkena sinar matahari secara terus menerus. Walau hasil cetakan tersebut di simpan di tempat terlindung dari matahari tingkat kepudaran dari hasil tinta dye lebih cepat dibandingkan dengan hasil cetakan tinta pigment.

Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi semakin maju, tinta dye pun berkembang, banyak mesin printer baru dari HP dan Epson yang hasil cetakan (pudar) memiliki daya tahan yang hampir sama dengan tinta pigment.

Berbeda dengan hasil cetak menggunakan tinta pigment, seperti pantai yang di atasnya kerikil-kerikil. Menjadikan hasil cetakan tinta pigment jauh lebih tahan lama jika terkena sinar matahari. Molekul dan partikel tinta pigment jauh lebih tahan apabila terkena sinar matahari, sehingga hasil cetakan dapat bertahan bertahun-tahun lebih lama di bandingkan hasil cetak tinta dye.

  1. Kualitas cetak (Print quality)

Tidak dapat dipungkiri hasil cetakan tinta dye lebih kaya warna dan terlihat lebih kontras dibandingkan hasil cetakan tinta pigment. Tinta hitam pada tinta pigment akan lebih terang hasilnya jika dibandingkan dengan hasil cetak tunta dye.

Harga Mesin Fotocopy Baru di MalangTinta hitam dye banyak digunakan untuk mencetak teks dan tinta hitam pigment cenderung digunakan pada cetakan aplikasi grafis. Sedangkan untuk fotografi sangat tergantung pada jenis printer secara keseluruhan. HP PageWide 77940dn dalam mencetak dokumen normal menggunakan jenis tinta pigment dikarenakan daya tahan rekat yang kuat, tidak luntur terkena air serta tidak pudar.

Salam

, , , , ,

 
Chat via Whatsapp