Kelebihan dan Kekurangan Mesin Printer Inkjet

23 February 2020 - Kategori Blog

Kali ini kita akan bahas kelebihan dan kekurangan mesin printer inkjet baik dari sisi hasil dan cost operasionalnya. Pertama-tama kami akan perkenalkan mesin multifungsi inkjet terbaru dari HP (Hewleet Packard) yaitu tipe HP PageWide Managed Color MFP P77940dn, yang mana mesin tersebut adalah mesin inkjet dengan teknologi PageWide A3.

Anda semua pasti mengenal mesin printer inkjet dan kebanyakan di gunakan untuk small office dan rumahan, baik merek HP, Epson, Canon, Brother dll. Baik menggunakan jenis tinta pigment atau dye dan bahkan sekarang di modifikasi menggunakan tinta solfent agar dapat ngeprint di kertas glossy.

Kelebihan dan kekurangan mesin printer inkjet

Kelebihan mesin printer inkjet :

  • Hemat daya, ya betul sekali mesin printer inkjet sangat hemat daya listrik (max 400 watt) dikarenakan mesin printer jenis inkjet tidak menggunakan part-part seperti pemanas, drum, developing dll yang membutuhkan daya yang cukup besar. Secara proses kerja mesin printer inkjet sangatlah simple dan komponen utama dari mesin printer inkjet adalah head unit. Saran kami gunakan selalu tinta original agar head unit awet, karena harga head unit biasanya 2/3 dari harga mesin.
  • Perawatan yang mudah, di karenakan komponen utama hanya head unit membuat mesin printer inkjet sangat kudah dalam hal perawatan. Biasanya mesin-mesin printer inkjet A4/F4 tidak mempunyai Automatic Cleaning Head, sehingga kalian harus membersihkan head unit secara rutin, sedangkan HP PageWide Managed Color MFP P77940dn sudah mempunyai komponen Automatic Cleaning Head sehingga kalian tidak perlu membersihkan head unit tersebut.
  • Speed print yang cepat, mesin-mesin printer model baru sekarang dalam hal kecepatan print tidak kalah dengan mesin printer laser. Seperti HP PageWide Managed Color MFP P77940dn mempunyai kecepatan print 40 ppm (color dan mono) bahkan untuk print mode draft bias mencapai kecepatan 65ppm. Hal ini di karenkan mesin HP PageWide Managed Color MFP P77940dn sudah menggunakan teknologi PageWide yaitu head unit tidak bergerak ke kiri dan kanan dalam menyemburkan tintanya. Head unitnya selebar kertas dan diam jadi memungkinkan dalam proses print menjadi sangat cepat.
  • Cost yang kompetitif, dari dahulu printer inkjet terkenal murah untuk cost operasionalnya di banding mesin laser, di HP PageWide Managed Color MFP P77940dn cost operasional print dokumen office di kertas A4 dengan cover area 5%, kurang dari Rp.600,- menggunakan tinta original. Bayangkan jika di banding dengan cost mesin laser yang sangat tinggi.
  • Lebih sehat, betul sekali karena mesin printer inkjet tidak menggunakan tegangan tinggi dalam proses print, efek tegangan tinggi tersebut menimbulkan zat Ozone, yang sangat tidak bagus untuk kesehatan dan lingkungan. Bayangkan jika kantor Anda kecil, tertutup dan menggunakan AC kemudian Anda menggunakan printer laser yang mengeluarkan ozone setiap kali printing, betapa tidak sehatnya udara di lingkungan kantor tersebut.
  • Tidak luntur, jika Anda menggunakan tinta ori yang jenisnya pigment pasti tidak hasil print tidak luntur, bahkan di rendam sekalipun yang rusak adalah kertasnya. Printer HP PageWide Managed Color MFP P77940dn menggunakan tinta jenis pigment, jadi di jamin tidak luntur.

Kekurangan mesin printer inkjet :

  • Tidak dapat ngeprint di kertas glossy, sebenarnya hal tersebut mengganggu kita, kenapa pabrikan tidak menciptakan mesin printer inkjet untuk kantoran dan rumahan dapat ngeprint di kertas glossy hehehehehe …… setelah kami diskusi dengan pihak HP Indonesia barulah kami tahu kenapa pabrikan tidak membuat printer inkjet kantoran dan rumahan tidak dapat ngeprint di kertas glossy. Namun sepertinya hal ini tidak menjadi satu permasalahan bagi orang kantoran dan rumahan, karena kebutuhan print di kertas glossy biasanya di gunakan di percetakan dan printshop. Ada jenis kertas glossy yaitu artpaper yang sudah di coating khusus sehingga dapat di gunakan di mesin printer inkjet, namun harganya 2x dari harga artpaper biasa.
  • Tangan belepotan tinta, wkwkwkwkwkwk jika Anda menggunakan printer inkjet dan di modifikasi menggunakan CISS atau tinta refil (suntikan) dapat di pastikan tangan Anda akan belepotan dengan tinta. Saran kami sekali lagi gunakan tinta original agar tangan Anda tidak belepotan.
  • Hasil print kertas bergelombang, hal ini kemungkinan di karenakan tinta yang water base, sehingga hasil print out bergelombang apalagi jikan Anda ngeprint dengan komposisi warna yang banyak atau full color. Hasil print out gelombang akan berkurang jika Anda menggunakan tinta jenis pigment karena kekentalan tinta berbeda di bandingkan jenis tinta dye.

Demikian artikel Kelebihan dan kekurangan mesin printer inkjet yang dapat kami ceritakan berdasarkan pengalaman kami dalam menjual dan menservice mesin printer inkjet.

Kelebihan dan kekurangan mesin printer inject

Semoga apa yang kami sampaikan dapat membantu Anda yang sedang ingin membeli atau menyewa mesin printer inkjet untuk kebutuhan di kantor Anda.

Salam

, , ,

 
Chat via Whatsapp